Beberapa definisi mengenai pendidikan dapat
dikemukakan di bawah ini :
- M.J. Langeveld (1995) :
Pendidikan merupakan upaya manusia dewasa membimbing
manusia yang belum dewasa kepada kedewasaan.
Pendidikan ialah usaha menolong anak untuk melaksanakan
tugas-tugas hidupnya, agar bisa mandiri, akil-baliq, dan bertanggung jawab
secara susila.
Pendidikan adalah usaha mencapai penentuan-diri-susila
dan tanggung jawab.
- Stella van Petten Henderson :
Pendidikan merupakan kombinasai dari pertumbuhan dan
perkembangan insani dengan warisan sosial. Kohnstamm dan Gunning (1995)
: Pendidikan adalah pembentukan hati nurani. Pendidikan adalah proses
pembentukan diri dan penetuan-diri secara etis, sesuai denga hati nurani.
- John Dewey (1978) :
- H.H Horne :
Dalam pengertian luas, pendidikan merupakan perangkat
dengan mana kelompok sosial melanjutkan keberadaannya memperbaharui diri
sendiri, dan mempertahankan ideal-idealnya.
- Encyclopedia Americana (1978) :
Pendidikan adalah segala perbuatan yang etis, kreatif,
sistematis dan intensional dibantu oleh metode dan teknik ilmiah, diarahkan
pada pencapaian tujuan pendidikan tertentu.
Dari berbagai definisi tersebut di atas dapat kita kita
simpulkan bahwa pendidikan merupakan gejala insani yang
fundamental dalam kehidupan manusia untuk mengantarkan anak manusia ke dunia
peradaban. Pendidikan juga merupakan bimbingan eksistensial manusiawi dan
bimbingan otentik, agar anak belajar mengenali jatidirinya yang unik, bisa
bertahan hidup, dan mampu memiliki, melanjutkan-mengembangkan warisan-warisan
sosial generasi yang terdahulu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar